RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
A. Topik Permasalahan : Cara Berbicara Yang Baik
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman dan Pengembangan
E. Tujuan Layanan dan Hasil yang ingin dicapai :
1. Tujuan Layanan Bimbingan Klasikal ini adalah siswa mampu :
a. Mengerti tentang cara berbicara yang baik
b. Memahami cara berbicara yang baik
c. Mengerti pentingnya berbicara yang baik
2. Hasil yang Ingin Dicapai :
Siswa dapat mengaplikasikan pemahaman yang diperolehnya dalam berkomunikasi
F. Sasaran Layanan : Siswa kelas XII SMA N 03 Pemalang
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
H. Waktu Penyelenggaraan : 1 x 45 Menit
I. Penyelenggaraa Layanan : Praktikan
J. Pihak-pihak yang Dilibatkan : Guru BK Kelas XII
K. Metode : Ceramah, Tanya Jawab
L. Strategi : Klasikal
M. Materi : Cara Berbicara Yang Baik (Terlampir)
N. Uraian Kegiatan/ Skenario :
1. Uraian Kegiatan
Tahap | Kegiatan | Nilai yang ditanamkan | |
| Guru | Siswa | |
1. Pendahuluan | a. Memberikan salam b. Memperkenalkan diri dan membina hubungan baik dengan siswa c. Apersepsi (memberi kesempatan kepada siswa mengungkap pengalaman yang relevan dengan topik) d. Menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini dilakukan | a. Menjawab salam b. Menanggapi dan memperhatikan c. Aktif memperhatikan dan mengungkapkan pengalaman yang relevan dengan topik d. Aktif memperhatikan dan diberi kesempatan menanggapi tentang maksud dan tujuannya | Peduli Santun Disiplin Kreativitas |
2. Inti | a. Mengamati (learning to know) -> Berfikir | Berfikir logis | |
Mengajak mengamati gambar dalam tayangan video tentang cara komunikasi yang baik | Berfikir dan mengungkapkan pemahamannya Tentang tayangan video yang menggambarkan cara berkomunikasi yang baik | ||
b.Menanyakan (learning to know) -> Merasakan | |||
Mengajak siswa untuk berempati dan kesediaan membantu siswa untuk berbicara yang baik | Ikut merasakan menanggapi dan mengungkapkan niatnya untuk membantu siswa berbicara yang baik | Berempati | |
c.Mengumpulkan informasi (learning to know) -> Bersikap | |||
Menanyakan dan dilanjutkan dengan menjelaskan tentang pengertian, proses, pentingnya, ketrampilan, kiat dan tipe berbicara | Mengumpulkan informasi, menjawab dan memperhatikan penjelasan tentang pengertian, proses, pentingnya, ketrampilan, kiat dan tipe berbicara | Berpikir logis Kreativitas | |
d.Mengasosiasi (learning to do) -> Bertindak | |||
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkritisi dan menilai dampak siswa yang tidak berbicara dengan baik | Mengkritisi dan menilai dampak siswa yang tidak berbicara dengan baik | Berfikir Kritis Kreativitas | |
e.Mengkomunikan rencana tindakan (learning to live toghether) -> Bertanggungjawab | |||
Mengajak siswa merencanakan tindakan untuk membantu siswa mampu berbicara dengan baik | Mengungkapkan rencana tindakan untuk membantu siswa mampu berbicara dengan baik | Tanggung Jawab | |
3. Penutup | a. Mengajak siswa membuat ringkasan materi b. Memberikan penilaian segera dengan menanyakan UCA c. Memberi umpan balik d. Melakukan tindak lanjut | a. Membuat ringkasan materi b. Memperlihatkan dan menanggapi c. Menerima umpan balik d. Menerima tindak lanjut | Tanggung jawab |
O. Media dan Sumber Materi :
Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Effendy, Onong U. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Supratiknya. 2009. Tinjauan Psikologis Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius.
P. Rencana Penilaian/ evaluasi :
1. Penilaian Proses : Menilai kesungguhan, keaktifan, dan keantusiasan dalam mengikuti bimbingan dengan menggunakan strategi klasikal melalui pengamatan.
2. Penilaian Hasil :
a. Laiseg :
1) Menilai penguasaan materi melalui tanya jawab (pengetahuan/understanding)
2) Menilai sikap/ perasaan positif melalui pengamatan dan tanya jawab (Comfortable)
3) Menilai ketrampilan/rencana tindakan (action) melalui tanya jawab dan hasil karya (tugas kelompok tentang rencana tindakan cara mengatasi )
b. Laipen : menilai sejauh mana siswa dapat mengaplikasikan (setelah siswa melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal)
c. Laijapen : menilai sejau mana siswa bener-bener konsisten dalam melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal (jangka panjang)
Q. Cacatan Khusus :
Semarang, 2015
Mengetahui,
Guru Pamong Praktikan
G. Rohastono Ajie Syaeful Amri Bagus R
0 comments